Bannerx

coretanrio.blogspot.com || coretanrio.blogspot.com|| coretanrio.blogspot.com

Rabu, 08 Januari 2014

Wisata Kuliner Jalan Surya Kencana Bogor




Bogor - Usai makan enak saat libur Lebaran kemarin, lanjutkan wisata kuliner Anda ke Suryakencana di Bogor. Di sanalah Anda bisa berburu aneka makanan enak dan khas, dari pepes sagu hingga bir kocok. Nyam!

Beberapa destinasi di sekitar Jakarta ternyata menarik untuk dikunjungi. Langkahkan kaki Anda menuju Bogor, karena di sana ada Jalan Suryakencana sebagai surga penikmat wisata kuliner. detikTravel berkesempatan datang dan mencicipi aneka makanan enak di sana beberapa waktu lalu.



Suryakencana sebenarnya adalah nama jalan yang terletak persis di depan Kebun Raya Bogor, yang sekaligus kawasan Chinatown. Di sepanjang jalan inilah berderet aneka rumah makan hingga pedagang gerobak yang menyajikan aneka makanan dengan menu andalan masing-masing.

Jika Anda naik kereta dari Jakarta ke Bogor, turunlah di Stasiun Bogor dan lanjutkan perjalanan dengan angkutan umum (angkot) bernomor 02 jurusan Sukasari-Bubulak. Bagi Anda yang membawa kendaraan mobil atau motor, ada petugas parkir yang mengatur parkir Anda di tepian jalan.

Makanan yang paling enak, terkenal, dan tak pernah sepi dari pembeli di Suryakencana adalah bakso kikil Pak Jaka. Bakso ini disajikan di gerobak pinggir jalan, berada dekat Gang Aut. Harganya Rp 10 ribu per porsi kalau hanya bakso saja dan Rp 17 ribu kalau pakai kikil. Bangku-bangku plastik telah disediakan untuk tempat duduk bagi para pembeli.

Nyam! Bakso kikil Pak Jaka rasanya sangat enak sekali. Dagingnya enak dan banyak dan sambalnya pun bikin nagih. Tapi ingat, Anda harus mengantre dan untuk bersabar mencicipi kuliner satu ini.

Untuk soal makanan khas Bogor, di Suryakencana ada pepes sagu. Ya, ini adalah sagu yang dipepes dan bentuknya seperti lontong. Ada tiga rasa pepes sagu yang paling digemari wisatawan, yaitu pisang, nangka, dan pisang keju. Harganya hanya Rp 3.500 saja per potongnya.

Enakna, pepes sagu dimakan selagi panas. Rasa sagu yang dipepes dan aneka rasa di dalamnya mampu membuat Anda menggoyang lidah. Jajanan ini sulit ditemukan di tempat lain dan tak cukup dilahap sekali.
Satu lagi yang hanya ada di Suryakencana, yaitu bir kocok. Inilah minuman khas Bogor saingannya bir pletok di Jakarta. Bir kocok adalah racikan dari jahe, kayu manis, gula pasir, dan gula aren. Rasanya hangat di tenggorokan dan dada, meski disajikan dingin. Harganya cuma Rp 3.000 saja, penasaran mau coba?

Selain itu, masih banyak aneka kuliner yang ada di Suryakencana. Anda bisa memburu soto mie, laksa, serabi, dan masih banyak lagi. Beberapa rumah makan di sana ada yang mengandung babi. Untuk itu, tanya dulu kandungan makanan pada pegawai rumah makannya ya!